17 (THE SASEBO PROJECT)

17 (THE SASEBO PROJECT)

Biologi sebutkan kelompok hewan avertebrata ​

sebutkan kelompok hewan avertebrata ​

Jawaban:

Ada delapan filum hewan yang termasuk avertebrata. Mereka adalah Porifera, Cnidarian, Platyhelminthes, Nematoda, Mollusca, Annelida, Arthropoda, dan Echinodermata

Hewan invertebrata dapat dibedakan menjadi beberapa filum, antara lain:

  • Annelida (phylum annelida)

Annelida, adalah filum luas yang terdiri dari cacing bersegmen, dengan sekitar 15.000 spesies modern, antara lain cacing tanah, pacet dan lintah. Filum ini ditemukan di sebagian besar lingkungan basah, seperti air tawar dan di laut. Panjang anggotanya mulai dari di bawah satu milimeter sampai tiga meter.

  • Mollusca (phylum mollusks)

Moluska merupakan hewan triploblastik selomata yang bertubuh lunak. Ke dalamnya termasuk semua hewan lunak dengan maupun tanpa cangkang, seperti berbagai jenis siput, kiton, kerang-kerangan, serta cumi-cumi dan kerabatnya. Moluska merupakan filum terbesar kedua dalam kerajaan binatang setelah filum Arthropoda.

  • Arthropoda (phylum arthropods)

Artropoda adalah filum yang paling besar dalam dunia hewan dan mencakup serangga, laba-laba, udang, lipan, dan hewan sejenis lainnya. Artropoda biasa ditemukan di laut, air tawar, darat, dan lingkungan udara, termasuk berbagai bentuk simbiosis dan parasit.

  • Arachnida (phylum arachnids)

Arachnida adalah kelas hewan invertebrata Arthropoda dalam subfilum Chelicerata. Istilah arachnid berasal dari bahasa Yunani άράχνη atau arachne, berarti laba-laba, dan juga merujuk pada figur mitologi Yunani, Arachne. Di dalamnya termasuk hewan seperti laba-laba, kalajengking, serta ketonggeng.

  • Echinodermata (phylum echinoderms)

Filum Echinodermata adalah sebuah filum hewan laut yang mencakup bintang laut, Teripang, dan beberapa kerabatnya. Kelompok hewan ini ditemukan di hampir semua kedalaman laut. Filum ini muncul di periode Kambrium awal dan terdiri dari 7.000 spesies yang masih hidup dan 13.000 spesies yang sudah punah.

  • Protozoa (phylum protozoa).

Protozoa merupakan protista yang menyerupai hewan dan bersifat seluler dalam ukuran mikroskopis. Mirip dengan hewan, protozoa dapat bergerak secara aktif. Mereka pun berkembang biak dengan cara aseksual dan seksual